Halaman

Jumat, 15 Maret 2019

Cara Membuat Pastel

Pastel adalah jajanan yang bisa dikategorikan sebagai gorengan,bentuk fisiknya secara umum berupa kotak dan busur/setengah lingkaran yang di dalamnya dikasih bahan isi seperti daging atau sayuran.

Karena digoreng membuat jajanan ini memiliki rasa gurih yang didukung bahan isi dari sayuran dan daging sehingga dipastikan mampu menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya.


Cara membuat pastel yang gurih dan renyah
Pastel


Praktekkan dan buat sebagai alternatif mencegah anak dan anggota keluarga jajan diluar.Berikut ini adalah resep lengkap cara membuat pastel yang gurih dan lezat :


Untuk 15 buah
Bahan Kulit :
- 350 gram tepung terigu
- 1 butir telur
- 2 sendok makan margarin
- 1/2 sendok teh garam halus
- 100 mililiter air

Bahan Isi :
- 250 gram daging cincang
- 30 gram soun,seduh air panas,potong-potong
- 60 gram wortel,potong dadu kecil
- 2 buah cabai merah,iris halus
- 4 siung bawang putih,hakuskan
- 1/2 sendok teh lada halus
- 1 sendok makan kecap asin
- 2 sendok makan margarin
- Minyak goreng

Cara Membuat :
  • Isi : panaskan margarin,tumis bawang putih hingga harum.Masukkan daging dan masak hingga daging berubah warna,tambahkan wortel,soun,dan bumbu lainnya masak sambil diaduk hingga semua bahan matang,angkat dan sisihkan/dinginkan.
  • Campur tepung terigu,telur,garam,aduk rata.Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk lalu tambahkan margarin dan uleni sebentar agar adonan tercampur rata.
  • Giling adonan,lalu satukan lagi adonan dalam bentuk bulatan ( 4 kali proses ) dan pada yang terakhir pipihkan/tipiskan kurang lebih 1/4 cm.Cetak adonan dengan cetakan bulat berdiameter 9 cm,cetak hingga adonan habis.
  • Ambil adonan 1 lembar tambahkan ditengahnya 1 sendok makan adonan bahan isi,olesi bagian tepi dengan putih telur lalu lipat adonan kulit sehingga membentuk setengah lingkaran,rekatkan bagian tepi hingga adonan bahan isi tertutupi.Lakukan hingga adonan habis.
  • Panaskan minyak,goreng pastel hingga kuning kecoklatan/sampai matang,angkat dan pastel siap disajikan.


Baca Juga :

Kue Cucur

Resep Kue Serabi


Tips : Uleni/aduk adonan seperlunya agar margarin tidak mencair supaya kulit pastel bisa renyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Dilarang komentar spam tunjukkan bahwa anda adalah pengunjung yang baik.
- Sedikit kritik dan saran dari anda akan sangat berarti dan saya anggap sebagai motivasi saya dalam membangun blog ini.